Tips Aman Memilih Piano Bekas

Grand Piano Bekas

Piano adalah alat musik yang prestis sehingga harganya tergolong tidak murah. Untuk memiliki sebuah piano baru upright piano ukuran kecil saja harus merogoh kantong sekitar empat puluhan juta rupiah.

Mengingat kebutuhan piano yang cukup mendesak untuk putra putri anda atau bahkan anda sendiri yang sedang belajar main piano, maka solusinya adalah piano second atau bekas. Bila berencana ingin memiliki piano bekas sebagai solusi dan mendapatkan piano yang layak untuk dimainkan perlu mengetahui tips dan  cara cara memilih piano bekas.

Berikut ini Tips Aman Memilih Piano Bekas atau tahapan cara untuk memilih piano akutik bekas,

1.Mainkan dan dengarkan suaranya

Piano akustik adalah piano yang tidak menggunakan listrik maka sound/volume ditentukan dari struktur kayunya maka yang harus diperhatikan adalah suara dari piano tersebut. Memebeli piano akustik sama dengan membeli suara.
Cari karakter suara piano yang nyaring dan keras. Mainkan beberapa lagu yang lembut dan lagu yang keras maka akan terdengar karakter suara piano tersebut apakah piano tersebut suaranya keras atau mendem.

2.Lihat seluruh body piano
Periksa seluruh body piano apakah ada yang lecet-lecet gompal atau bahkan somplak. Piano akustik bekas yang baik adalah apa adanya tidak terlalu mulus. Hati-hati bila piano terlihat cat/body finisingnya bagus dan mulus biasanya piano telah direkondisi/cat ulang. Piano bagus dan mulus yang seperti ini memang terlihat menarik, tapi dalam jangka waktu tertentu atau sekitar tiga bulan kedepan cat bisanya akan terlihat retak-retak dan mengelupas.

3.Soundboard

Sounboard

Gambar Sounboard

 

Soundboard adalah kayu yang ada di belakang piano akustik bntuk serat kayu tersebut lurus(kayu siprus). Apakah soundboard kondisinya baik atau keropos, lapuk atau bahkan bekas terkena banjir. Soundboard sangat penting keadaanya untuk sebuah piano akustik sehingga sangat menentukan karakter suara sebuah piano tersebut bagus atau tidak.

4.Periksa mekanik piano

Kalau topboard(penutup diatas piano) dibuka akan terlihat hammer/pemukul piano. Deretan hammer terlihat rata atau tidak. Mekanik yang baik adalah terlihat rata, tidak ada hammer yang menonjol keluar dari barisan hammer.

Hammer Piano

Hammer Piano

 

Coba tekan tut satu persatu ada yang macet atau tidak(bila ditekan tidak balik lagi berarti kondisi tut piano macet)
Tekan dengan satu jari dari kanan kekiri dan dari kiri kekanan(tidak menekan satu-satu lalu diangkat tapi secara bergantian dengan jari tangan diseret diatas tuts piano) Bila jari tangan berjalan tuts piano tersebut bagus dan sebaliknya bila jari tidak berjalan diatas tuts piano maka tuts piano tersebuat tidak layak untuk dimainkan.

5.Periksa String

Tuning Pin

Tuning Pin

 

String yang bagus tidak berkarat dan terlihat bersih.

6.Tanyakan kepada penjual merk dan type
Tanyakan merk dan type no. seri pembuatan piano tersebut dan catat.

7.Product import/lokal
Tanyakan product dari negara mana, biasanya piano produksi dari Germany, Jepang, Korea, China atau lokal Indonesia.
Cek asal merek piano tersebut apakah penjual mengetahui product yang dijual atau tidak. Cek piano tersebut di Internet merk type srta nomer serinya.

8.Tanyakan Garansi
Jangan tergiur dengan garansi yang panjang, biasaya garansi piano akustik bekas diberikan selama 2tahun dan free stem 2x, bangku piano, cover piano/tutup piano, cover tuts, heater/pemanas piano

9.Deliveri/pengirimanya
Bila membeli piano akustik sudah termasuk ongkos kirim. Bila pembeli dari luar kota pengiriman akan di kondisikan atau kesepakatan ongkos kirim tergantung lokasi dan jasa exspedisinya.

10.Harga
Tanyakan harganya harga pas atau ada potongan, apakah bisa dengan pembayaran bertahap/angsuran. Tanyakan leasing mana yang akan di pakai oleh penjual.

Demikianlah tips singkat dari kami semoga bermanfaat.

1 tanggapan pada “Tips Aman Memilih Piano Bekas”

  1. Pingback: Cari Piano Bekas Berkualitas Baik | piano | piano

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *